Senin, 28 Maret 2016

Dapatkan rezekinya, raih pahalanya

Bekerja bukan sekedar mencari rezeki, bekerja juga  merupakan ibadah. Lelah tidak hanya di bayar dengan rupiah tetapi juga pahala.  Esensi ibadah tidak semata-mata shalat, puasa, zakat, sedekah, dan naik haji.  Ibadah di bagi menjadi dua jenis, yaitu ibadah mahdhah dan ibadah gairuh mahdhah.

Apa itu ibadah mahdhah?
Ibadah mahdhah atau ibadah khusus adalah hubungan manusai dengan Tuhannnya. Yaitu hubungan yang akrab dan suci antara seorang muslim dengan Allah SWT yang bersifat ritual (peribadatan), ibadah mahdah merupakan manifestasi dari rukun islam. Ibadah yang sudah jelas  zahir perintah dan larangannya tidak memerlukan penambahan atau pengurangan. Nah, sudah tahu kan apa jenis-jenis ibadahnya? Yap, shalat, puasa, zakat, naik, haji, umrah bersuci dari hadas besar maupun kecil. Rumusnya “KA + SS”, Karena Allah + Sesuai Syariat.

Apa itu ibadah gairuh mahdhah?
Ibadah gairuh mahdah berarrti mencakup semua perilaku manusia  yang hubungannya dengan manusia. Ibadah gairuh mahdah sering juga disebut ibadah umum, atau muamalah. Segala sesuatu yang dicintai Allah, baik berupa perkataan atau perbuatan, lahir maupun batin yang mencakup seluruh aspek kehidupan. Rumus untuk ibadah gairah mahdhah “ BB + KA” berbuat baik + karena Allah.

Bekerja adalah perbuatan yang baik selama caranya sesuai syariat. Menjadi seorang muslim tidak ada alasan untuk malas bekerja, jika paham hakikat bekerja yang sebenarnya. Bekerja apa saja, selama halal dan di niatkan semata-mata karena ingin meraih ridha Allah SWT, akan bernilai pahala. Raih pahalanya dapatkan rezekinya, di dunia di bayar dengan rupiah, di akhirat insyaAllah di balas dengan surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar